Biologi FMIPA UI

Virtual Open House Program Pascasarjana Departemen Biologi FMIPA UI

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana, Departemen Biologi FMIPA UI menyelenggarakan Virtual Open House Program Studi Magister dan Doktor Biologi serta Magister Ilmu Kelautan pada hari Jumat, 3 Juni 2022. 

Ketua Departemen Biologi, Anom Bowolaksono, Ph.D., mengatakan, acara virtual open house bertujuan mensosialisasikan program pascasarjana yang ada di Departemen Biologi FMIPA UI. Melalui acara ini, diharapkan calon mahasiswa dapat lebih mengerti jalur penerimaan, visi dan misi,  penelitian, kurikulum, fasilitas, dosen serta grup riset program pascasarjana

Acara dibuka dengan sambutan oleh Prof. Dr. Jatna Supriatna M.Sc, Guru Besar Biologi FMIPA UI. Dalam sambutannya, Prof Jatna menyampaikan pentingnya peran peneliti ilmu Biologi dalam menggali potensi biodiversitas Indonesia dan memecahkan berbagai masalah terkait biologi, seperti perubahan iklim dan konservasi. 

Pada sesi pertama, terdapat pemaparan  program studi pascasarjana oleh Dr. Dian Hendrayanti, M.Sc., Ketua Program Studi Magister dan Doktor Biologi, dan Dr.rer.nat. Yasman, M.Sc., Ketua Program Studi Magister Ilmu Kelautan.

Program Studi Pascasarjana memiliki dua jalur penerimaan, jalur kuliah – riset dan jalur riset. Jalur kuliah – riset memiliki beberapa mata kuliah wajib dan pilihan, sedangkan jalur riset menitikberatkan pada kajian literatur dan penelitian.  Baik program magister dan doktor memiliki kurikulum serta kewajiban publikasi masing – masing.

Departemen Biologi memiliki 5 Grup Riset, Community Ecology and Environmental Biology (CEEB),Cellular and Molecular Mechanisms in Biological System (CEMBIOS), Metabolomics and Chemical Ecology (MeCE), Microbial Systematics and Prospecting (MSP) dan Wildlife Biology and Sustainable Landscape (WILD). Calon mahasiswa dapat memilih grup riset yang sesuai dengan minat penelitian mereka. Selain itu, terdapat bidang Sains Fisik Kelautan yang dapat didalami dan diteliti oleh calon mahasiswa magister ilmu kelautan.

Sesi kedua diisi dengan diskusi, peserta virtual open house diberikan kesempatan untuk bertanya kepada Ketua Program Studi. Antusisasme peserta sangat tinggi, terlihat dengan banyaknya pertanyaan perihal detail program pascasarjana biologi dan ilmu kelautan. Tawaran kerja sama institusional memberikan kesempatan melanjutkan kuliah pascasarjana semakin luas bagi para calon mahasiswa.