Biologi FMIPA UI

Laboratory Safety bagi para mahasiswa Biologi FMIPA UI

Dalam rangka memberikan pemahaman tentang pentingnya aspek-aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), unit Riset dan Pengabdian pada Masyarakat (RPM) FMIPA UI kembali menggelar acara In-Class Training : Laboratory Safety, acara ini merupakan pelatihan lanjutan dari In Class Training : Penerapan K3 di Laboratorium yang telah diadakan sebelumnya (31/03/2015).

Acara ini merupakan kerjasama antara unit RPM FMIPA UI dengan UPT K3L UI. Khusus pada hari ini, Selasa (07/04/2015), pelatihan diperuntukkan bagi para mahasiswa Departemen Biologi FMIPA UI, dimana pada pelatihan sebelumnya mencapai peserta terbanyak, yaitu lebih dari 200 mahasiswa. Acara dibuka oleh Manager RPM FMIPA UI, Dr. Djoko Triyono yang memberikan penjelasan tentang pentingnya kepedulian dalam membangun kesadaran berperilaku mahasiswa dalam kegiatan yang dilakukan di laboratorium.

rpm1
Dr. rer. nat. Budiawan sebagai narasumber pelatihan yang saat ini juga menjabat sebagai Koordinator Safety pada UPT K3L UI, beliau juga pakar dalam bidang Toksikologi Kimia menegaskan pentingnya untuk memahami aspek-aspek K3 di laboratorium, “…ketika kita bekerja di laboratorium, terutama dengan menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, suka atau tidak suka selalu ada resiko yang dapat ditimbulkan”.

Antusiasme peserta pelatihan dari Departemen Biologi ini terlihat dengan bertambahnya jumlah peserta pelatihan dari sebelumnya. Selain itu, kegiatan ini juga disemarakkan dengan adanya doorprize yang dipersembahkan oleh supplier alat-alat keselamatan kerja merk 3M yang membagikan produknya kepada para mahasiswa yang berhasil menjawab dengan tepat pertanyaan quiz yang diajukan kepada mereka. (indriyani)