Biologi FMIPA UI

Grup Riset

Sejak awal pendiriannya di tahun 1960 hingga tahun 1970, dosen-dosen pionir yang ada Departemen Biologi FMIPA UI merupakan dosen dengan latar belakang keilmuan Zoologi. Pada periode 1971-1979, dosen dengan latar belakang keilmuan Botani mulai memperkuat pelaksanaan pendidikan di Departemen Biologi FMIPA UI. Melalui rapat tanggal 24 Maret 1977, Departemen Biologi mulai mengenalkan istilah Laboratorium sebagai basis pengelompokan dosen-dosen yang bertugas menopang pelaksanaan pengajaran dan riset. Laboratorium yang ada saat itu adalah Laboratorium Taksonomi, Laboratorium Fisiologi, Laboratorium Anatomi_Histologi_dan Embriologi, Laboratorium Ekologi, dan Laboratorium Mikrobiologi. Sebagai konsekuensi hasil rapat tersebut, mulai tahun 1980 Departemen Biologi mulai memiliki dosen-dosen dengan latar belakang keilmuan Mikrobiologi. Latar belakang keilmuan ini yang kemudian dikenal dengan istilah Kelompok Bidang Ilmu (KBI) pada awal tahun 2015-an. Sejak kepindahan UI ke kampus Depok tahun 1987, Laboratorium yang merupakan wadah pengelompokan dosen-dosen Departemen Biologi FMIPA UI berkembang menjadi 7 Laboratorium yaitu: Laboratorium Taksonomi, Laboratorium Fisiologi, Laboratorium Biologi Perkembangan, Laboratorium Genetika, Laboratorium Ekologi, Laboratorium Mikrobiologi, dan Laboratorium Kelautan.

Istilah Grup Riset di Departemen Biologi FMIPA UI sendiri baru mulai diperkenalkan sejak awal tahun 2015. Melalui rapat-rapat maraton yang melibatkan dosen-dosen yang ada di Departemen Biologi FMIPA UI, pengelompokan dosen-dosen mulai dilakukan berbasis Grup Riset. Pada periode 2015-2018, terdapat 10 Grup Riset di Departemen Biologi FMIPA yang bernaung di bawah Kelompok Bidang Ilmu (KBI) Zoologi, Botani, dan Mikrobiologi. Kesepuluh Grup Riset tersebut adalah (1) Animal Science for Health, (2) Chemical Ecology, (3) Coastal and Marine Resources: Environment and Management, (4) Landscape Genetics, (5) Reproductive Genetics, dan (6) Terrestrial-Aquatic Conservation and Environmental Services yang bernaung di bawah KBI Zoologi; (7) Plant genetics, development, and biosystematics dan (8) Plant Physiology and Natural Resources yang bernaung di bawah KBI Botani; (9) Microbial Systematics and Ecology dan (10) Microbial Technology and Prospecting yang bernaung di bawah KBI Mikrobiologi.

Untuk menampung aspirasi riset-riset lintas KBI, maka diadakan evaluasi dan restrukturisasi 10 grup riset yang ada tersebut. Sejak tahun 2019, hanya ada 5 Grup Riset di Departemen Biologi FMIPA yang tak lagi bernaung dalam KBI tertentu. Kelima Grup Riset tersebut adalah:

  1. Community Ecology and Environmental Biology (CEEB)
  2. Cellular and Molecular Mechanisms in Biological System (CEMBIOS)
  3. Metabolomics and Chemical Ecology (MeCE)
  4. Microbial Systematics and Prospecting (MSP)
  5. Wildlife Biology and Sustainable Landscape (WILD)

Setiap Grup Riset dipimpin oleh Kepala Grup Riset yang merupakan dosen dengan jabatan fungsional Lektor Kepala atau Guru Besar. Masing-masing Grup Riset memiliki dosen anggota yang menjalankan kegiatan riset sesuai dengan ruang lingkup dan roadmaps Grup Riset masing-masing.