Biology FMIPA UI

Undergraduate Program – S1

VISI

Menjadi penyelenggara Tridharma perguruan tinggi yang unggul di bidang biodiversitas, terutama dalam aspek konservasi dan bioprospeksi, yang menghasilkan sarjana biologi yang mampu berperan di tingkat nasional dan global dalam memajukan sains, teknologi, serta pembangunan berkelanjutan.

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berkualitas terutama dalam aspek konservasi dan bioprospeksi biodiversitas Indonesia.
  2. Menghasilkan sarjana biologi yang mampu berperan di tingkat nasional dan global dalam memajukan sains, teknologi, serta pembangunan berkelanjutan.

TUJUAN PENDIDIKAN

  1. Menyelenggarakan pendidikan/pengajaran dengan standar internasional yang memenuhi mutu standar Universitas
  2. Melakukan riset yang unggul di bidang konservasi biodiversitas
  3. Menjalin kemitraan dengan berbagai pihak
  4. Menghasilkan lulusan yang:
    • memiliki etika profesi yang terpuji, memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai konservasi biodiversitas dan mampu menerapkannya secara berhasil guna (efektif) di masyarakat,
    • memiliki ketangguhan bersaing di pasar kerja tingkat nasional dan internasional,
    • memiliki kemandirian dalam mengembangkan dan menciptakan lapangan kerja baru untuk dirinya sendiri dan orang lain berlandaskan ilmu pengetahuan biologi.

PROFIL LULUSAN

“Sarjana Biologi yang mampu merancang solusi atas beragam masalah secara profesional dan beretika berdasarkan metode ilmiah dengan menggunakan konsep Biologi, terutama konservasi dan prospeksi biodiversitas”.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dimiliki oleh lulusan Program Studi Sarjana Biologi adalah:

  1. Mampu merumuskan solusi atas masalah terkait biologi, terutama dalam aspek konservasi dan prospeksi biodiversitas, menggunakan prinsip Biologi dan teknologi yang relevan dengan mematuhi etika dan norma serta menunjukkan profesionalisme dalam bidang biologi.
  2. Mampu merekomendasikan prinsip biologi dan teknologi yang relevan dalam menganalisis masalah terutama dalam aspek konservasi dan prospeksi biodiversitas yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Mampu mengidentifikasi dan mengelola sumber daya hayati dan lingkungan yang berprinsip pada konservasi dan prospeksi biodiversitas.
  4. Mampu mengorelasikan prinsip biologi dalam menelaah masalah terutama dalam aspek konservasi dan prospeksi biodiversitas.
  5. Mampu menggunakan perangkat lunak, instrumen dasar, metode standar untuk analisis dan sintesis pada bidang biologi yang umum dan spesifik.
  6. Mampu menunjukkan upaya dalam melakukan belajar sepanjang hayat.
  7. Mampu menggunakan prinsip dasar matematika, fisika, kimia, biologi dan statistik dalam menyelesaikan permasalahan Biologi.
  8. Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika.
  9. Mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik untuk kegiatan akademik maupun non akademik.
  10. Mampu memberikan alternatif pemecahan masalah terhadap beragam masalah yang timbul di lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara.
  11. Memiliki integritas, mampu berpikir kritis, kreatif dan inovatif, serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok.

STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI SARJANA BIOLOGI

SUSUNAN MATA KULIAH PROGRAM STUDI SARJANA BIOLOGI

PERUMUSAN PROFIL LULUSAN DAN REVISI KURIKULUM

KEGIATAN KAMPUS MERDEKA