Biology FMIPA UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia

Penerimaan tahun ajaran 2021/2022 sudah dibuka

Departemen BIOLOGI FMIPA UI menerima mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022 untuk semua program studi pada level sarjana, magister, dan doktor.

Terakreditasi A

Berdasarkan Keputusan BAN-PT
No. 2723/SK/BAN.Akred/S/X/2018
Pada Program Sarjana

AUN-QC

ASEAN UNIVERSITY NETWORK
Quality Assurance
sertifikasi untuk standard Undergraduate Program

Juara 1 Mapres UI

Juara 1 Mahasiswa Berprestasi UI 2017
Mapres Kategori CV terbaik
Mapres Kategori Rumpun Saintek Terbaik

Testimonial

Kata Alumni

Primary - Iqbal Hariadi - Copy

Iqbal Hariadi

S1 - Biologi 2010
Penulis, kreator konten, Head of Brand Communications KitaBisa

Sebagai alumni, saya bersyukur bisa mengenyam pendidikan di Departemen Biologi UI. Kurikulum yang diajarkan memfasilitasi minat saya di bidang konservasi, dan membantu saya mempelajari ilmu biologi secara komprehensif. Hal ini juga sangat terbantu dengan adanya berbagai aktivitas ekstrakulikuler di Biologi UI, seperti Kelompok Studi Hidupan Liar Comata, Unit Mahasiswa Pecinta Tumbuhan Canopy, dan Special Interest Group in Marine Biology (SIGMA-B UI). Selama masa kuliah, saya aktif mengikuti tiga unit kegiatan ini yang mengekspos saya ke berbagai pengalaman penelitian dan kegiatan konservasi di berbagai taman nasional di Indonesia. Selain itu, Departemen Biologi UI menanamkan scientific thinking dan orientasi konservasi serta sustainabilitas kepada para
mahasiswanya.

Aryono

Aryono Bambang Ardhyo

S1 - Biologi 1987
Head of Performance Excellence PT Frisian Flag Indonesia

Pola pendidikan untuk mempersiapkan calon sarjana Biologi, mampu menempa kesiapan mental dan kemampuan teknis serta nonteknis di luar dunia kampus, serta siap menghadapi berbagai tantangan lebih lanjut untuk membangun karier dan terus berkesinambungan berprestasi di bidangnya. Dukungan para dosen dan tenaga Pendidikan dengan berbagai latar belakang ilmu kehayatiannya, dari berbagai latar belakang Universitas terkemuka baik Nasional dan Internasional, membuat Departemen Biologi dapat menghasilkan lulusan Biologi yang berkualitas global serta mawas terhadap perkembangan teknologi kekinian. Kemampuan yang dimiliki oleh para dosen serta tenaga pendidikan, mendukung adanya alih ilmu pengetahuan dengan mengikuti tren perkembangan teknologi termutakir.

april

Aprilia Nur Fitrianti

S1 - Biologi 2009
PhD candidate Plant Pathology Laboratory Graduate School of Environmental and Life Sciences Okayama University, Jepang

Kurikulum pendidikan di Departemen Biologi Universitas Indonesia menawarkan banyak pilihan bidang peminatan riset selama saya menempuh studi S1. Mata kuliah wajib yang saya ambil di tahun pertama dan kedua studi, sangat membantu memetakan bidang peminatan riset yang cocok dengan saya, yaitu interaksi tumbuhan dengan mikroorganisme. Seluruh aktivitas ekstrakulikuler yang ditawarkan di Departemen Biologi Universitas Indonesia banyak membentuk pribadi saya saat ini, Seperti HMD Biologi FMIPA UI dan SIGMA B-UI.

Rintis

DR Rintis Noviyanti

S1 - Biologi 1987
Peneliti Biologi Molekuler Penyakit Infeksi Lembaga Biologi Molekuler Eijkman

Mata kuliah kegiatan belajar di laboratorium seperti genetika dan mikrobiologi sangat saya sukai. Mata kuliah lapangan sangat membuka wawasan mahasiswa untuk lebih menghargai lingkungan dan berinteraksi dengan masyarakat. Departemen Biologi UI mengajak kita untuk lebih menghargai biodiversitas lingkungan hidup dan berpikir lebih kritis untuk menjaga keseimbangan alam yang baik demi kelestarian alam Indonesia.