Biology FMIPA UI

Alumnus Tracer

Tracer Studi Departemen Biologi FMIPA UI

Program Studi Sarjana (PS S1) Biologi FMIPA UI telah melakukan upaya pelacakan dan perekaman data lulusan (tracer study). Pelacakan tersebut dilakukan secara online dengan menyebarkan link kuesioner kepada para alumni yang lulus 5 tahun terakhir melalui media sosial maupun email. Pertanyaan pada kuesioner lulusan mencakup data diri, tahun masuk, tahun lulus, lama mendapatkan pekerjaan, instansi tempat bekerja, posisi atau jabatan pekerjaan, jenis pekerjaan, penilaian lulusan terhadap kualitas layanan akademik dan non-akademik yang diperoleh selama kuliah, serta kesesuaian pekerjaan dengan bidang ilmu. Selain itu, alumni juga diminta untuk memberikan pendapat dan masukan untuk perbaikan Program Studi ke depannya.

Selain data lulusan, tracer study juga dilakukan terhadap pimpinan dari unit kerja tempat lulusan bekerja (pengguna lulusan – user). Pelacakan tersebut dilakukan dengan mengirimkan surat atau surel kepada pimpinan dari unit kerja tempat lulusan bekerja yang berisi permohonan untuk mengisi kuesioner yang berisi penilaian kinerja lulusan PS S1 Biologi FMIPA UI. Adapun indikator penilaian lulusan yang harus diisi dalam kuesioner tersebut ialah etika, moral, keahlian berdasarkan bidang ilmu, kemampuan berbahasa Inggris, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, kerjasam tim, serta usaha pengembangan diri selama bekerja. Selain itu, user juga dapat memberikan masukan terkait jenis kemampuan lulusan yang dinilai masih kurang memuaskan.

Jumlah responden lulusan yang berpartisipasi dalam tracer study tahun 2020 adalah 121 lulusan. Sedangkan jumlah user yang berpartisipasi adalah 90 orang. Program Studi selanjutnya akan memanfaatkan data tracer study tersebut untuk perbaikan beberapa hal, di antaranya proses pembelajaran, penggalangan dana, informasi pekerjaan, dan membangun jejaring. Berikut beberapa hasil pengolahan data tracer study tahun 2020.

A. Waktu Tunggu Lulusan

Hasil kuesioner menunjukkan bahwa 78,91% lulusan mendapatkan pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan pasca kelulusan. Hal tersebut menunjukkan bahwa lulusan PS S1 Biologi FMIPA UI dibutuhkan oleh berbagai instansi. Terdapat pula lulusan yang mendapatkan pekerjaan setelah 6 bulan dan 18 bulan. Akan tetapi, persentase masa tunggu tersebut relatif kecil yaitu 17,97% dan 3,12%. Masa tunggu kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya karena preferensi untuk melanjutkan kuliah di jenjang yang lebih tinggi, ketidaksesuaian jadwal rekruitmen staf di instansi yang diinginkan dengan jadwal kelulusan, serta kompetisi dengan lulusan dari perguruan tinggi lain. Meksi demiklian, tingginya jumlah lulusan yang mendapatkan pekerjaan dalam waktu relatif singkat (kurang dari 6 bulan) mengindikasikan bahwa lulusan PS S1 Biologi FMIPA UI relatif kompetitif (dapat bersaing) dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.

Grafik Waktu Tunggu Lulusan

 

B. Kesesuaian Bidang Kerja

Kesesuaian kompetensi yang dicapai oleh lulusan dengan kebutuhan dunia kerja dievaluasi dengan melacak bidang instansi tempat kerja lulusan. Hasil kuesioner menunjukkan 71,09% lulusan memiliki kesusuaian yang tinggi dengan bidang ilmu biologi. Hal tersebut mengindikasikan relevansi yang baik antara bidang yang dipelajari saat kuliah di PS S1 Biologi FMIPA UI dengan apikasinya saat bekerja. Terdapat pula lulusan yang memiliki kesusuaian bidang kerja dengan ilmu biologi di kategori “sedang” dan “rendah”. Akan tetapi, persentase kesesuaian di kedua kategori tersebut relatif kecil yaitu 6,25% dan 22,66%. Pekerjaan lulusan PS S1 Biologi FMIPA UI bervariasi, baik di instansi pemerintahan, perusahaan swasta, atau instansi lain (NGO) yang terkait bidang Biologi.

Grafik Kesesuaian Bidang Kerja Lulusan

 

C. Kepuasan Pengguna (user)

Evaluasi terhadap lulusan PS S1 Biologi FMIPA UI juga didasari oleh penilaian pimpinan dari unit kerja tempat lulusan bekerja terhadap kinerja mereka. Berdasarkan hasil kuesioner, seluruh indikator kinerja lulusan menunjukan tingkat kepuasan yang tinggi. Rata-rata tingkat kepuasan user terhadap lulusan adalah 52,3% di kategori “Sangat Baik”, 45,3% di kategori “Baik”, 2,3% di kategori “Cukup”, dan 0,2% di kategori “Kurang”. Data tersebut menunjukkan bahwa PS S1 Biologi FMIPA UI mampu menghasilkan lulusan yang memiliki etika profesi yang terpuji, ketangguhan bersaing di pasar kerja tingkat nasional dan internasional, serta kemandirian dalam mengembangkan diri untuk kepentingan pribadi dan orang lain berlandaskan ilmu pengetahuan biologi.

Grafik Kepuasan Pengguna

Grafik Rata-rata Kepuasan Pengguna

 

 

– Penulis

Tim ISK Biologi FMIPA UI 2020