Biologi FMIPA UI

Departemen Biologi FMIPA UI Turut Memperingati World Biodiversity Day

Dalam rangka memperingati World Biodiversity Day, pada 22 Mei 2014 yang lalu, Departemen Biologi FMIPA UI menggelar acara dalam bentuk kegiatan expo dan orasi ilmiah yang semuanya terkait dengan isu Biodiversitas. LSM-LSM terkait biodiversitas yang hadir dalam expo adalah Yayasan Kehati, CI, WCS, Yayasan Owa Jawa, dan Yayasan Terangi. Selain itu, hadir juga 3 organisasi kemahasiswaan pecinta biodiversitas di Departemen Biologi FMIPA UI, Pusat Kajian Center for Biodiversity Strategies, dan Center of Excellent Indigenous Biological Resources – Genome Studies. Orasi ilmiah secara menarik disampaikan oleh Jatna Supriatna Ph.D. Dalam orasinya Jatna Supriatna Ph.D yang juga menjabat sebagai Chairman of Research Center for Climate Change Universitas Indonesia menyatakan bahwa acara orasi ilmiah ini rencananya akan dikembangkan menjadi acara orasi ilmiah terkait isu Biodiversitas bulanan dengan nama Biodiversity Dialogue yang diproyeksikan nantinya akan menjadi ajang bagi para pegiat biodiversitas untuk mempresentasi pemikiran dan hasil riset mereka.

Hari Biodiversitas Dunia (World Biodivesity Day) pertama kali dicetuskan dalam rapat umum komisi 2 PBB untuk diperingati setiap tanggal 29 Desember. Karena alasan beberapa hal, rapat umum PBB yang diselenggarakan pada bulan Desember tahun 2000 memutuskan ulang bahwa Hari Biodiversitas Dunia diperingati setiap tanggal 22 Mei mengacu pada persetujuan Nairobi  saat kegiatan Convention on Biological Diversity, 22 Mei 1992. Sejak tahun 2001, Hari Biodiversitas Dunia selalu diperingati setiap tanggal 22 Mei.

Hari Biodiversitas Dunia dinilai sangat penting bagi Indonesia, antara lain dikarenakan bahwa PBB telah menetapkan tahun 2011-2020 merupakan dekade Biodiversitas.  Indonesia merupakan negara yang memiliki lokasi paling strategis di dunia untuk hal Biodiversitas: terletak di daerah katulistiwa serta berada di antara 2 benua dan 2 samudera. Indonesia merupakan negara dengan biodiversitas terestrial tertinggi kedua di dunia dan merupakan negara dengan biodiversitas laut tertinggi pertama di dunia. Wilayah Indonesia merupakan surga bagi kehidupan biota: hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.

Untuk menunjang Visi Departemen Biologi saat ini, yaitu Biodiversitas, dengan fokus pada konservasi dan pemanfaatan lestari Biodiversitas maka diselenggarakan kegiatan untuk memperingati World Biodiversity Day pada Departemen Biologi FMIPA UI. Visi ini dimaknai secara cerdas oleh mahasiswa Biologi FMIPA UI dengan aktifnya 3 Organisasi Kemahasiswaan pecinta Biodiversitas, yaitu CANOPY yang fokus pada tumbuhan, SIGMA yang fokus pada biota laut, dan COMATA yang fokus pada satwa liar terestrial. Visi Biodiversitas juga didukung oleh Centre of Excellent Indigenous Biological Resources-Genome Studies yang fokus pada biodiversitas mikroorganisme dan Pusat Kajian Center for Biodiversity Strategies (CBS-UI). Visi tersebut pun tercermin pada seluruh aktivitas riset dosen-dosen di Departemen Biologi FMIPA.

Tujuan umum digelarnya World Biodiversity Day adalah untuk mengenalkan dan mengkampanyekan arti penting dan strategis peranan Biodiversitas di Indonesia. Kepedulian yang tinggi dari masyarakat dan pemerintah, akan memberikan pengaruh nyata terhadap berkurangnya ancaman kekayaan biodiversitas di Indonesia. Kesadaran dan pembentukan opini bahwa dengan biodiversitas yang kita miliki, Indonesia akan memiliki kemampuan yang tinggi dalam isu-isu strategis seperti ketahanan pangan, ketahanan obat-obatan, dan ketahanan energi (terbarukan). Biodiversitas akan memberikan banyak alternatif pilihan sehingga kemerdekaan memilih menjadi sepenuhnya milik kita. Dengan Biodiversitas kita menjadi merdeka pada isu-isu strategis tersebut dalam arti yang sesungguhnya. (Humas FMIPA UI)