Doktor (S3)

Program Studi Doktor Biologi didirikan pada tahun 1999 sebagai pusat pendidikan dan kajian ilmu pengetahuan yang mendukung peningkatan sumberdaya manusia dalam meneliti, melestarikan, dan memanfaatkan sumberdaya alam hayati. Sebagai penyelenggara program pendidikan konservasi pada jenjang Magister dan Doktor yang pertama di Indonesia, Program Studi Biologi bertujuan menghasilkan peneliti, pendidik, dan praktisi tangguh dan berwawasan internasional yang mampu menciptakan terobosan baru dalam bidang biologi konservasi.  Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi Biologi telah menggalang kerjasama dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun luar negeri, yang tercermin dari staf pengajar yang terlibat di dalamnya.

Visi

Menjadi pusat unggulan pendidikan dan kajian ilmu pengetahuan yang mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam meneliti konservasi biodiversitas secara lebih independen, adaptif, dan aspiratif, serta mampu berperan dan bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Misi

  1. Program Studi Doktor Biologi mampu meningkatkan sumber daya manusia yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional dalam mengelola, memafaatkan, dan mengkonservasi biodiversitas Indonesia.
  2. Program Studi Doktor Biologi mampu melaksanakan kegiatan akademis yang menempatkan riset dan pendidikan sebagai tulang punggung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan konservasi biodiversitas.

Tujuan pendidikan

Tujuan Program Studi Doktor Biologi adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang konservasi biodiversitas, mengembangkan konsep baru, dan melakukan penelitian secara mandiri di bidang konservasi biodiversitas, serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat luas.
  2. Memanfaatkan keunikan Indonesia sebagai negara “Megadiversitas” untuk menghasilkan kajian inovatif dan memperkuat kemampuan penelitian di bidang Konservasi biodiversitas melalui kerja sama dengan berbagai universitas dan lembaga penelitian di luar negeri.
  3. Memiliki kemampuan melakukan sintesis atas perkembangan di bidang konservasi biodiversitas.

Profil Lulusan

Menghasilkan Doktor Biologi yang  mampu mengembangkan, pengetahuan dan atau teknologi baru secara mandiri di bidang pelestarian dan pemanfaatan biodiversitas yang berkelanjutan melalui riset inter, multi dan trans disipliner, sehingga mampu menghasilkan karya inovatif, orisinal dan teruji di tingkat nasional dan internasional.

Kompetensi Lulusan

  • Menghasilkan karya ilmiah berupa jurnal internasional.
  • Mampu menghasilkan karya berupa konsep, kebijakan, atau produk, yang menambah wawasan keilmuan dan bermanfaaat bagi masyarakat.
  • Berperan aktif dalam komunitas ilmiah dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dan swasta.
  • Memiliki integritas, sikap keilmuan yang menjunjung tinggi etika akademik.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty