Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajar 2017/2018

By bioxeadmin On Tuesday, April 18 th, 2017 · no Comments · In

Universitas Indonesia membuka penerimaan Mahasiswa Baru melalui beberapa jalur masuk. Kategori jalur masuk untuk lulusan SMA/Sederajat yang ada di UI terbagi berdasar program pendidikan. Oleh karena itu, ada baiknya calon pendaftar mengetahui berbagai macam program pendidikan agar dapat memilih jalur masuk yang dapat diikuti.

Setelah menentukan program pendidikan yang ingin dituju, calon pendaftar dapat memilih jalur masuk yang terdiri dari:

JALUR UNDANGAN, yakni jalur masuk berdasarkan nilai raport. Seleksi melalui pengukuran nilai raport dengan memperhitungkan indeks prestasi sekolah. Meskipun sama-sama seleksi menggunakan nilai raport, nama jalur masuk setiap program pendidikan dibedakan menjadi:

SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa yang dikoordinasi oleh panitia pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN diperuntukkan program pendidikan S1 Reguler dengan kuota penerimaan di UI sebesar 30%.  Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN dapat dilihat di www.snmptn.ac.id
PPKB, yakni jalur undangan untuk S1 Paralel dengan kuota penerimaan sebesar 50% dan jalur undangan untuk Vokasi (D3) dengan kuota penerimaan sebesar 60%. Penerimaan mahasiswa baru diselenggarakan oleh UI ditujukan kepada sekolah-sekolah terbaik di Indonesia, sehingga tidak semua sekolah dapat mengikuti program ini. Hanya sekolah yang mendapat undangan dari UI yang bisa mendaftarkan siswanya untuk mengikuti jalur masuk ini.
Talentscouting, yakni jalur undangan untuk S1 Kelas Internasional dengan kuota penerimaan sebesar 40%. Sama seperti PPKB, seleksi diselenggarakan oleh UI dengan hanya mengundang sekolah terbaik di Indonesia maupun di luar negeri.

JALUR TULIS, yakni jalur masuk berdasarkan nilai ujan tulis seleksi masuk. Seleksi melalui ujian tulis yang diselenggarakan di lokasi-lokasi yang telah ditentukan, biasanya di kota-kota besar seluruh Indonesia.

SBMPTN adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer-Based Testing) yang dikoordinasikan oleh panitia pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. UI menerima S1 Reguler melalui SBMPTN dengan kuota penerimaan sebesar 70%. Informasi lebih lanjut mengenai SBMPTN dapat dilihat di sbmptn.ac.id.
SIMAK adalah Seleksi Masuk ujian tulis untuk program pendidikan S1 Paralel, Vokasi (D3) dan S1 Kelas Internasional. Masing-masing kuota penerimaan melalui SIMAK untuk S1 Paralel sebesar 50%, sedangkan Vokasi (D3) 40% dan S1 Kelas Internasional menampung sebesar 60% dibandingkan dengan jalur undangan.

Untuk informasi jadwal lebih lanjut dapat dilihat disini

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty